Ada Kopi di Riau: Sempian, Sang Calon Primadona

14 April 2016

image

Ada kopi di Riau. Yup.. Beberapa waktu lalu aku mendapat informasi bahwa di Riau ada kopi khas dari daerah Sempian di Kab Kepulauan Meranti. Rasa penasaran yang kemudian mengantarku menyicipi langsung rasa kopinya di sebuah coffee shop yang mengambil nama sama dengan nama daerah asal kopi itu, Sempian. Salutnya sama kedai kopi ini, disaat kompetitor bersaing dengan berbagai single origin specialty coffee yang didominasi arabika, disini hanya ada satu jenis yaitu kopi Sempian.

Seperti ritual wajib bagi penikmat kopi, mencium aroma dari cangkir sebelum menikmati rasanya, begitu pula yang kulakukan. Yup.. aroma harum tercium berbeda dengan aroma kopi arabika atau robusta yang selama ini biasa kunikmati. Dan ketika menyeruput kopinya, terasa kopi yang sangat kuat, pahitnya seperti kopi robusta. Namun ada rasa manis beberapa saat setelah kopi yang kita seruput melewati tenggorokan.

Oya, kopi sempian merupakan kopi dari jenis yang berbeda. Menurut penjelasan dari pemilik coffee shopnya dan juga info-info yang kubaca di internet, mengatakan bahwa kopi sempian merupakan jenis Liberika. Kopi ini berasal dari Liberia, sebuah negara di Afrika. Konon, kopi ini di datangkan ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Ketika itu, perkebunan kopi arabika yang ditanam oleh pemerintah kolonial terserang hama yang sangat parah. Kopi Liberika didatangkan karena kopi ini lebih tahan terhadap serangan hama.

Baiklah.. Sampai di sini dulu cerita kopi kita, nanti disambung lagi in syaa Allah. Maklum, ngeblog via hp/tablet.. Jadi rada malas nulis panjang-panjang.. Hahaha

Tulisan berikutnya aku mau share data dari Disbun tentang perkebunan kopi di Riau.. Enaknya pakai laptop biar puas nulis.. :)

Keterangan foto: Secangkir Long Black kopi Sempian di Shempian Coffee, Jl Lembaga Pemasyarakatan seberang RS PMC Pekanbaru.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: