Jadi Voorijder Dadakan

11 Agustus 2014

Hari ini saya melakukan sebuah tindakan konyol dan sedikit nekad. Dengan motor astrea grand tahun 1997 kesayangan, saya nekad menjadi voorijder membelah jalan Pekanbaru. Tidak tanggung-tanggung, iring-iringan mobil yang saya pandu adalah mobil pemadam kebakaran (damkar) yang sedang bergegas ke lokasi kebakaran.


Saya tak yakin akan melakukannya kalaulah mobil damkar itu tidak sedang menuju ke arah rumah orang tua saya.

Ya, beberapa menit sebelumnya mama nelpon bilang kalau rumah tante Yun yang berada persis di belakang rumah mama terbakar. Segera saja saya tinggalkan kantor dan memacu sepeda motor saya menuju rumah mama. Pada saat keluar dari kantor itulah saya melihat dua unit mobil damkar sedang melaju ke arah simpang tiga, daerah rumah mama.

Pertama kali posisi saya di belakang mobil damkar, namun ternyata jalan mobilnya agak tersendat karena di beberapa ruas jalan terjadi penumpukan kendaraan. Saat itu saya mendahului mobil damkar dan mulai memposisikan diri saya sebagai voorijder. Saya klakson mobil-mobil yang ada di depan sambil menggerakkan tangan kiri meminta mereka agar menepi.

Dan beberapa kendaraan menepi, namun ntah karena saya atau mendengar serine mobil damkarnya. Saya tak perduli, bagi saya yang penting mobil itu segera sampai ke lokasi kebakaran dan segera bertugas.

Dan sekarang, saat saya menulis kisah ini, saya baru menyadari bahwa saya telah mengabaikan keselamatan saya karena memacu sepeda motor saya di sela-sela kepadatan lalu lintas. Namun saat itu saya berfikir bahwa saya memiliki prioritas lain yaitu bagaimana saya segera sampai di rumah mama begitu pula mobil damkar yang sedang melaju bersama saya.

Note:
Voorijder adalah kendaraan (sepeda motor) yang memandu iring-iringan, konvoi atau pawai kendaraan bermotor.

Tinggalkan Komentar

